Skip to content

Fiqih Sunnah Wanita

April 25, 2010

Judul asli: Fiqhus Sunnah Lin nisaa
Penulis: Abu malik Kamal bin as Sayiid Salim
Fisik: buku ukuran sedang p=24 cm, hardocver, 672hal
Penerbit : Griya Ilmu
Harga: Rp 110.000,-
Pemesanan: 0817 250 686

Poros kebahagiaan seorang hamba di dalam kehidupan dunia dan akhirat adalah mengetahui yang haq dari yang  bathil dan mengambil (mengutamakan) yang haq dan meninggalkan  yang bathil, keduanya dapat membuahkan ilmu yang bermanfaat, kemudian mengikutinya dengan amal shalih sebagai tuntutan dari ilmu tersebut.
Seseorang yang benar-benar memperhatikan keadaan kita sekarang ini, niscaya ia akan mendapati bahwa wanita muslimah merupakan objek sasaran dari musuh Islam, sehingga seorang wanita menjadi pribadi yang labil antara petunjuk Islam dan gemerlap media informasi. Bahkan banyak dari kalangan gadis yang tumbuh di dalam tipuannya dengan tidak melirik al-Quran sama sekali dan tidak mengetahui hukum Islam.
Sebagian besar dari mereka -kecuali yang diberikan rahmat oleh Allah- tidak mengetahui hukum bersuci yang merupakan syarat sahnya shalat, bahkan tidak mengetahui hukum sholat yang merupakan tiang dan rukun agama Islam . Demikianlah kenyataan di dalam hukum ibadah ataupun muamalah yang lainnya. Sebagian besar tertipu dengan urusan dunia.
Semua ini, ditambah lagi dengan tidak adanya kaum wanita yang dijadikan suri tauladan (panutan) dan lemahnya semangat dalam menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar yang sesuai dengan aturan hukum Islam, serta banyaknya kerusakan juga segala macam kemaksiatan, Dan kenyataan di atas, maka kaum wanita lebih membutuhkan peringatan dan pembelajaran agama daripada kaum pria.
Wanita dan seputar  permasalahannya tidak akan pernah usang untuk dibicarakan, bahkan dari hari ke hari akan semakin kompleks dan krusial seiring dengan perkembangan jaman. dibutuhkan suatu solusi/pemecahan.
Isu gender dan feminisme telah menjebak kaum wanita dalam model hegemoni barat. Sebagian -karena kejahilannya- terpengaruh prilaku dan budaya yang jauh dari nilai-nilai Islam. hanya sekedar mengikuti trend, maka mereka rela melakukan apa saja walaupun menerjang larangan agama demi mengikuti hawa nafsu.
Lemahnya nilai-nilai keimanan, dangkalnya pemahaman keislaman membuat wanita muslimah mudah sekali terpengaruh ajaran yang jauh dari tuntunan Islam yang Shahih.
lalu bagaimana solusinya?
Mendakwahi wanita!, inilah jawaban yang tepat. meskipun pelaksanannya tidak semudah membalik telapak tangan. Ibarat tulang rusuk yang bengkok, maka wanita -jika tidak diluruskan-akan semakin bengkok, namun jika dipaksakan maka akan patah. oleh karena itu butuh metode dakwah yang lembut dengan tetap diatas manhaj dan fiqih  dakwah yang benar dan shahih.
Diantara salah satu medan dakwah kepada wanita adalah menyebarkan ilmu melalui buku-buku. Terutama buku yang mudah difahami wanita dari kalangan awam dan buku yang sesuai dengan kebutuhan dasar mereka- terutama kebutuhan dasar-dasar fiqih untuk wanita-.
Inilah buku yang menyajikan fiqih khusus untuk wanita dalam edisi lengkap karya Abu malik Kamal As Sayid Salim, yang terdiri dari dua belas bab meliputi, Thaharah, sholat, jenazah, zakat, shodaqoh, puasa, haji dan umroh,sumpah, makanan, minuman, nadzar, pakaian wanita, perhiasan wanita, pernikahan, tahlaq, warisan dan lainnya.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: